ANYER LIGHTHOUSE

Posted by Lambang Insiwarifianto Wednesday, August 8, 2007 0 comments for Anyer
Mercusuar ANYER ketika Air Laut Surut di Cikoneng ANYER ANYER
ANYER ANYER LIGHT HOUSE ANYERANYER LIGHTHOUSE ANYER Peninggalan penjajah Belanda yang masih kokoh di bumi banten dan tetap   difungsikan di antaranya Menara Mercusuar. terletak di Kampung Bojong, Desa   Cikoneng, Anyer. Menara ini dibangun sekitar tahun 1885 M. Pendiriannya   bertujuan untuk mengamankan wilayah selat sunda dari serbuan musuh

Peninggalan penjajah Belanda yang masih kokoh di bumi banten dan tetap difungsikan di antaranya Menara Mercusuar. terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Anyer. Menara ini dibangun sekitar tahun 1885 M. Pendiriannya bertujuan untuk mengamankan wilayah selat sunda dari serbuan musuh.

DADAN A HUDAYA - Anyer
Radar Banten

MERCUSUAR Anyer, terdiri dari 17 lantai dan setiap tingkat dilengkapi 17 buah anak tangga. Keseluruhannya terbuat dari besi baja dengan diameter lingkar menara bawah sekitar 10 meter dan atas 5 meter.

Menaiki tangga demi tangga di menara mecusuar Anyer ini cukup melelahkan. Namun, hingga mencapai puncak sangat terasa kepuasan batin melihat pemandangan alam laut dan pengumuman. Sehingga, lelah yang dirasakan pun sekejap hilang, Angin yang berhembus cukup kencang menambah kenikmatan tersendiri berada di atas puncak menara mecusuar Anyer yang tingginya hampir 100 meter.

Menurut salah seorang pengunjung asal Kaloran yang datang ke Mecusuar Anyer, Serang, Aisyah juga mengungkapkan takjubnya saat berada di atas. Walaupun terlihat gugup dan selalu berpegangan ke dinding menara ia memberanikan diri melihat ke bawah. Indahnya laut pun dilihat Aisyah sepuas-puasnya. Deretan kapal feri menyebrangi lautan menuju Bakauheuni, Lampung, juga terlihat walaupun agak samar.

Kemarin, kebetulan menari ini dibuka oleh petugas dan boleh dimasuki pengunjung yang datang. Menara mecusuar Anyer tersebut masih difungsikan sebagai petunjuk kapal-kapal laut untuk mengarungi lautan di malam hari. Dengan dilengkapi lampu berdaya 1000 watt mampu terlihat oleh nahkoda kapal sejauh ratusan kilometer. Dengan kedipan berupa kode biasanya nahkoda mengerti kemana arah yang harus dituju.

Menurut Didin, penjaga mercusuar Anyer, jika saja lampu mercusuar tersebut tidak berfungsi maka kapal laut juga dikhawatirkan menuju arah yang tidak diinginkan. "Untuk itu, sebisa mungkin jika malam mati maka secepatnya diperbaiki. Jika tidak kasihan yang ada dilaut. Khawatir hilang arah," ujarnya. Jika liburan sekolah tiba, biasanya banyak pengunjung yang naik ke atas mecusuar Anyer.

Related Post



Carita - Anyer Hotel : ANYER LIGHTHOUSE | Hotel di Anyer, Carita, Tanjung Lesung, Ujung Kulon,Villa,Resort Harga Murah
Judul: ANYER LIGHTHOUSE
Ditulis oleh Lambang Insiwarifianto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://carita-anyer.blogspot.com/2007/08/anyer-lighthouse.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Cari Hotel di Anyer, Carita, Ujung Kulon, Tanjung Lesung Silahkan lihat Harga Hotel di http://hikarivoucher.com/city/anyer

0 comments for Anyer:

Post a Comment

Hotel in Anyer reservation please call 021-7668477 untuk harga dapat dilihat di Hotel di Anyer or Hotel di Carita
-------------------

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts

Translate

Arsip Blog

Flag Counter

Followers