Anyer-Carita Diserbu Wisatawan

Posted by Lambang Insiwarifianto Saturday, December 27, 2008 0 comments for Anyer
Serang, Kompas - Menjelang Tahun Baru, ribuan kamar di sejumlah hotel di sepanjang Pantai Anyer hingga Carita habis dipesan. Tidak seperti pergantian tahun sebelumnya, akhir tahun ini tingkat hunian hotel di pantai barat Banten melonjak hingga di atas 90 persen. 


Berdasarkan pantauan, Jumat (26/12), jalan menuju pantai wisata Anyer dan Carita mulai ramai. Begitu pula tempat parkir sejumlah hotel di kawasan itu mulai penuh. Pantai hotel yang biasanya sepi juga sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Pelat nomor kendaraan yang ditumpangi sebagian besar datang dari wilayah Jakarta, Tangerang, Bogor, Lampung, dan sekitarnya. Kendaraan mulai memadati kawasan Anyer dan Carita sejak Kamis sore.
Tingkat hunian sejumlah hotel pun mulai meningkat. Jika pada malam Natal tingkat hunian hotel rata-rata masih di bawah 40 persen, Jumat kemarin meningkat hingga di atas 50 persen.
Di Hotel Patra Jasa, misalnya, kamar yang terisi sudah mencapai 80 persen. Begitu pula di Hotel Jayakarta dan Marbella, tingkat hunian untuk Jumat malam sudah mencapai 60 persen. Bahkan, semua kamar di Hotel Nuansa Bali sudah terisi sejak Jumat sore.
Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten Agus Santoso memastikan bahwa kondisi tersebut akan terjadi hingga malam pergantian tahun nanti. "Secara umum pariwisata di Anyer dan Carita sudah mulai membaik. Tingkat hunian hotel hingga malam tahun baru bisa di atas 90 persen," kata pria yang juga General Manager Hotel Patra Jasa Anyer.
Untuk malam tahun baru, ribuan kamar hotel di Anyer dan Carita sudah habis dipesan. Salah satunya kondominium Lippo Carita yang sudah habis dipesan sejak bulan November lalu. "Khusus untuk tahun baru, sudah full booking," tutur Didi, pengelola Lippo Carita.
Begitu pula Hotel Marbella dan Sangiang di Anyer, semua kamar sudah dipesan wisatawan untuk menikmati malam pergantian tahun.
Menurut Santoso, tingginya tingkat hunian di kedua hotel itu mendongkrak tingkat hunian di hotel lain di sekitarnya. PHRI optimistis okupansi hotel pada malam tahun baru akan mencapai 90 persen lebih.
Tarif naik
Tingginya pemesanan selama libur tahun baru praktis membuat tarif hotel terdongkrak. Sejumlah hotel menaikkan tarif 10 persen hingga 50 persen dari tarif sebelumnya.
Namun, kenaikan tarif itu juga diikuti dengan penambahan paket pelayanan, seperti hiburan, dan pemberian cendera mata.
Meskipun tarif hotel naik, banyak wisatawan yang tetap berniat menghabiskan pergantian tahun di sejumlah hotel di Anyer dan Carita. Bahkan, tidak sedikit dari mereka kesulitan memesan ataupun mendapatkan kamar hotel.
Salah satunya Heni, warga Kota Serang yang mencari kamar hotel untuk kerabatnya yang akan berlibur ke Anyer. Sudah tiga hari keliling mencari hotel, tetapi ia belum dapat juga. Kebanyakan sudah habis dipesan untuk malam tahun baru.
Jalan rusak
Namun, para pelaku pariwisata di Banten mengeluhkan kondisi jalan menuju Anyer dan Carita yang rusak di beberapa tempat. Berdasarkan pantauan, kerusakan jalan mulai terlihat setelah memasuki Jalan Raya Cilegon- Pasauran, tepatnya di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.
Kerusakan jalan membuat para pengendara harus berjalan pelan saat melintas menuju Anyer. Kondisi itu membuat para wisatawan merasa kurang nyaman. Para pengelola hotel dan restoran berharap pemerintah segera memperbaikinya. (nta)
kompas.com

Related Post



Carita - Anyer Hotel : Anyer-Carita Diserbu Wisatawan | Hotel di Anyer, Carita, Tanjung Lesung, Ujung Kulon,Villa,Resort Harga Murah
Judul: Anyer-Carita Diserbu Wisatawan
Ditulis oleh Lambang Insiwarifianto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://carita-anyer.blogspot.com/2008/12/anyer-carita-diserbu-wisatawan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Cari Hotel di Anyer, Carita, Ujung Kulon, Tanjung Lesung Silahkan lihat Harga Hotel di http://hikarivoucher.com/city/anyer

0 comments for Anyer:

Post a Comment

Hotel in Anyer reservation please call 021-7668477 untuk harga dapat dilihat di Hotel di Anyer or Hotel di Carita
-------------------

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts

Translate

Arsip Blog

Flag Counter

Followers